Panduan Singkat Penggunaan Sistem PMB

Panduan singkat yang ditujukan kepada pendaftar yang akan atau sudah mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru Universitas Hamzanwadi melalui sistem PMB. Panduan ini dimulai dari tahap pendaftaran sampai dengan pembayaran tagihan (daftar ulang). Silakan ikuti langkah-langkah panduan dengan seksama, jika masih mengalami kendala atau kesulitan silahkan hubungi admin melalui menu Hubungi Kami atau melalui tombol chat whatsapp yang tertera pada beranda.

1. Mendaftar dan mendapatkan akun

Silakan klik Unduh Panduan Pendaftaran lalu ikuti instruksi yang ada.

2. Login ke dashboard

3. Logout

  • Klik foto yang ada pada navbar.
  • Pilih Keluar.

4. Ganti kata sandi

  • Login ke dashboard.
  • Klik foto yang ada pada navbar.
  • Pilih Ganti Kata Sandi.
  • Masukkan kata sandi baru, konfirmasi kata sandi baru, dan kata sandi lama.
  • Klik Ganti Kata Sandi.

5. Lupa kata sandi

  • Kunjungi https://daftar.pmb.hamzanwadi.ac.id/lupa-kata-sandi atau klik Lupa kata sandi? pada halaman login.
  • Masukkan alamat email yang anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya lalu klik Kirim
  • Buka email yang telah dikirim ke alamat email yang anda masukkan sebelumnya. Periksa folder Spam jika tidak menemukan di Kotak Masuk.
  • Lalu klik tombol Atur Ulang Kata Sandi.
  • Masukkan kata sandi baru dan konfirmasi kata sandi baru.
  • Klik Ganti Kata Sandi.

6. Ganti Foto Profil

  • Login ke dashboard.
  • Klik foto yang ada pada navbar.
  • Pilih Ganti Foto Profil.
  • Pilih foto yang akan anda gunakan.
  • Klik tombol Ganti Foto Profil.

7. Profil

a. Melihat / update biodata

  • Klik menu Profil lalu pilih Biodata.
  • Biodata berhasil ditampilkan.
  • Ganti data yang akan diupdate.
  • Lalu klik Update Biodata.

b. Melihat dokumen

  • Klik menu Profil lalu pilih Dokumen.
  • Dokumen beserta status dokumen akan ditampilkan.
  • Jika sudah mengupload dokumen, klik pada gambar tipe file dokumen untuk melihat preview dokumen.

c. Upload dokumen

  • Masuk ke menu Dokumen.
  • Lalu klik tombol Upload Dokumen.
  • Pilih dokumen yang akan anda upload.
    • Dokumen dengan tanda bintang (*) wajib diupload, sisanya optional
    • Tipe dokumen yang diupload
      • Untuk S1 (Sarjana) hanya file tipe pdf.
      • Untuk S2 (Pascasarjana) boleh gambar atau file pdf.
    • Ukuran maksimal dokumen 1 MB.
  • Jika sudah sesuai, klik Upload Dokumen.

d. Edit dokumen

  • Masuk ke menu Dokumen.
  • Klik tombol Edit Dokumen pada dokumen yang akan diedit.
  • Pilih file dokumen dengan ketentuan seperti di atas (Upload Dokumen).
  • Lalu klik Update Dokumen.

8. Melihat Jadwal dan Memulai Ujian (Untuk Pendaftar Bukan Undangan atau Rekomendasi)

  • Klik menu Peserta Ujian.
  • Data jadwal ujian akan ditampilkan jika jadwal sudah keluar.
  • Jika jadwal sudah keluar
  • Klik Cetak Kartu Ujian untuk mencetak kartu ujian.
  • Klik Mulai Tes untuk memulai ujian online.

9. Melihat pengumuman kelulusan

  • Klik menu Pengumuman.
  • Pengumuman kelulusan akan ditampilkan jika kelulusan sudah diumumkan.

10. Tagihan 

a. Membayar Tagihan

  • Klik menu Tagihan.
  • Data tagihan akan ditampilkan.
  • Pilih rencana pembayaran anda lalu klik pilih metode pembayaran.
  • Pilih salah satu metode pembayaran yang akan anda gunakan.
    • Terdapat 3 metode pembayaran yaitu:
      • Virtual Account
        • Bank Arta Graha (BAG)
        • Bank Rakyat Indonesia (BRI)
        • Bank Negara Indonesia (BNI)
        • Bank Mandiri (Mandiri)
        • Bank Muamalat Indonesia (BMI)
        • Bank Syariah Indonesia (BSI)
        • Bank Permata (Permata)
        • Bank CIMB Niaga (CIMB)
        • Bank Central Asia (BCA)
      • Convenience Store
        • Indomaret
        • Alfamart
      • QRIS

      * Batas waktu pembayaran menggunakan Virtual Account BSI hanya 3 jam.

  • Lalu klik Proses Pembayaran.
  • Ikuti instruksi pembayaran pada Cara Pembayaran dibawah rincian tagihan pembayaran anda.

b. Melihat Status Pembayaran

  • Masuk ke menu Tagihan.
  • Jika anda sudah melakukan pembayaran maka status pmebyaran anda akan ditampilkan dengan status berhasil.
  • Jika status pembayaran anda masih pending, klik Cara Pembayaran untuk melanjutkan pembayaran.
  • Jika status pembayaran anda expired, otomatis anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran ulang.
  • Jika anda ingin mengganti metode pembayaran atau membatalkan pembayaran, klik Batalkan Pembayaran.

c. Membatalkan Pembayaran

  • Masuk ke menu Tagihan.
  • Klik Batalkan Pembayaran lalu pilih Ya.
  • iPembayaran berhasil dibatalkan.